Selasa, 20 Maret 2012

timnas indonesia vs spanyol


Sepak bola keberadaannya semakin penting dan memukau. Selain sebagai olah raga yang dipertandingkan, sepak bola sudah berubah menjadi bisnis dan hiburan yang makin penting. Sepak bola juga bisa memadukan keragaman di antara manusia, terlepas dari warna kulit, bahasa, budaya, keyakinan, aliran politik, bahkan perbedaan negara.
Ternyata berdasarkan laporan pemeringkatan Fédération Internationale de Football Association (FIFA), 23 November 2011, terdapat 208 Tim Nasional Sepak Bola yang ada di Planet Bumi ini.

Peringkat pertama saat ini yaitu Timnas Spanyol; Kedua, Belanda; Ketiga, Jerman; Keempat, Uruguay; dan Kelima, Inggris. Lantas, di manakah posisi Timnas Indonesia ? Ternyata ada pada peringkat 144. Berdekatan dengan Nepal, Bangladesh, Chad, Belize dan Tajikistan di atasnya. Sedangkan di bawah peringkat Indonesia ada Burundi, St. Vincent & Grenadinen, Turkmenistan, Lesotho dan Curacao. Sebagian nama negara yang disebut masih terkesan asing, nyaris tak terdengar. Ya, kalau memperhatikan peringkat resmi dari FIFA ini Indonesia bisa dikatakan masih terbelakang dibidang sepak bola internasional.

Lantas, di mana letak posisi Timnas negara-negara Asia yang tergolong ber-sepak-bola maju ?. Jepang ternyata ada pada peringkat 19 dunia; berikutnya peringkat 28 Turki; 32 Korea Selatan; 37 Israel; dan 45 Iran. Meskipun secara geografis Turki dan Israel termasuk kawasan Asia, namun dalam persepak-bolaan dikelompokan ke Eropa.

Yuk kita belajar dari sang kampium, Spanyol. Timnas jawara sedunia itu ditukangi oleh pelatih Vicente del Bosque, berusia 60 tahun, asal spanyol. Timnas negeri matador tersebut memiliki 22 pemain, dengan nilai diperkirakan mencapai 564 juta pound sterling. Jika saat ini 1 poun sterling setara dengan Rp. 14.205, maka kalau dirupiahkan menjadi sekitar Rp. 8,012 trilyun. Timnas Spanyol memiliki 1.564 poin. Siapa saja yang pemain paling berkibar yang memperkuat Timnas Spanyol ? Ternyata yang memiliki market value (berdasarkan transfer markt)paling tinggi ialah Andres Iniesta, pemain tengah asal FC Barcelona berusia 27 tahun, yaitu dengan 57 juta pound sterling. Berikutnya ada Cesc Fabregas, sama-sama menempati posisi pemain tengah dan asal FC Barcelona, namun lebih muda, yaitu 24 tahun, memiliki market value 47,5 juta pound sterling. Seluruh pemain Timnas Spanyol memiliki market value antara 6,2 juta – 57 juta pound sterling. Daftar nama lengkap dan posisi pemain Timnas Spanyol di sini.

Lantas, bagaimana dengan Timnas Indonesia. Berdasarkan catatan FIFA 23 November 2011, pasukan merah putih yang dilatih oleh Wim Rijsbergen, 59 tahun, asal Belanda. Timnas Indonesia didukung oleh 41 pemain, dengan nilai hanya 110 ribu pound sterling (Rp. 1,563 milyar), dengan poin 176.
Lantas siapakah pemain Timnas Indonesia yang memiliki market value ? Ternyata menurut transfer markt, hanya dua orang saja, yaitu Irfan Bachdim, pemain tengah berusia 23 tahun, dengan nilai 100 ribu pound sterling, dan Yericho Christiantoko, pemain bertahan berusia 19 tahun, dengan nilai 25 ribu pound sterling. Daftar nama lengkap dan posisi pemain Timnas Indonesis di sini.

Lantas, apa urgensinya membandingkan Timnas Spanyol dengan Indonesia ? Hal yang terpenting supaya persepakbolaan nasional menjadi tergugah. Sebagai bangsa terbesar keempat di dunia, Indonesia layak memiliki Timnas yang paling tidak masuk peringkat dua puluh besar dunia. Ya, Jepang saja bisa. (Atep Afia)
sumber:
http://www.pantonanews.com/754-timnas-indonesia-vs-spanyol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar